12 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui



12 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

12 manfaat kunyit bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui. Jadi sebenarnya ada banyak sekali obat-obatan alami yang bisa didapat di sekitar kita. 


Selain digunakan sebagai bahan memasak, kunyit juga memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Biasanya kunyit dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan jamu-jamu tradisional. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai 12 manfaat kunyit untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan
1.                Mencegah kanker. Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan sehingga harus dicegah sejak dini. Penyebab kanker ini beragam, ada yang karena terinfeksi virus, senyawa radikal, factor makanan dan lain sebagainya. Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa kunyit memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas penyebab kanker. Selain itu manfaat kunyit juga bisa didapatkan dari senyawa curcumin yang bisa membunuh sel kanker dengan efektif.
2.             Mengatasi peradangan. Peradangan biasa disebut dengan inflamasi yaitu gangguan yang terjadi karena reaksi terhadap infeksi atau gangguan pada sel tubuh. Inflamasi yang terjadi biasanya dikarenakan bakteri atau radikal bebas. Manfaat kunyit dalam hal ini juga didapat dari senyawa curcumin yang bertugas menghambat peradangan.

3.            Mengurangi dan mencegah gejala arthritis. Arthritis adalah terjadinya radang dalam persendian. Kunyit memiliki curcuminoid dan minyak esensial yang berguna untuk mengurangi produksi senyawa yang menjadi penyebab utama radang persendian.
4.            Meredakan depresi dan stress. Seorang peneliti dari Government Medical College menyebutkan bahwa kandungan curcumin dalam turmeric memberikan efek seperti obat anti depresi. Jadi banyak yang menggunakan ekstrak kunyit untuk obat depresi.
5.                  Menurunkan kadar kolesterol. Manfaat kunyit dari senyawa curcumin adalah mampu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Dengan demikian maka mengkonsumsi kunyit bisa terhindar dari penyakit jantung, struk atau obesitas.
 6.                  Meredakan maag. Ketika maag kambuh maka perut terasa sangat sakit, tentu ini akan mengganggu kenyamanan. Kandungan curcumin membantu menghambat produksi asam lambung sehingga mengurangi rasa nyeri atau sakit pada perut.
 7.          Mengatasi jerawat dan mencegah penuaan kulit. Kandungan anti bakteri dalam kunyit mampu mengatasi permasalahan jerawat atau peradangan pada kulit. Jadi manfaat kunyit jika sering di adalah menghindarkan dari kulit yang berjerawat dan penuaan dini.
8.             Mencegah Alzheimer. Alzheimer banyak dikenal dengan penyakit pikun, biasanya banyak diderita orangtua. Dengan mengkonsumsi kunyit maka pembentukan sel dapat terangsang dengan baik sehingga membantu mengingat memori dalam otak dengan baik.
9.              Meningkatkan fungsi otak. Zat yang terdapat pada kunyit mampu meningkatkan aliran oksigen dan nutrisi ke otak. Dengan demikian maka otak bisa berfungsi lebih maksimal dengan menghasilkan hormone serotonin dan melatonin yang meningkatkan daya ingat.
10.         Mengobati asma. Manfaat kunyit untuk mengobati asma bisa didapat dengan kandungan inflammatory yang dapat mencegah dan meredakan asma. Cobalah minum segelas susu yang sudah dicampur dengan kunyit untuk mengatasi permasalahan pernapasan Anda.
11.             Meredakan flu dan deman. Senyawa curcumin masih berperan penting untuk kesehatan yaitu untuk meredakan flu dan deman dengan sangat efektif. Cara mengkonsumsinya adalah dengan minum jamu parem atau susu hangat yang dicampur dengan sari kunyit.
12.              Mencegah diabetes. Bagi Anda yang memiliki permasalahan gula darah, Anda bisa jadikan kunyit sebagai obat alami yang dapat membuat gula darah menjadi normal. Caranya adalah dengan mengkonsumsi sari kunyit secara teratur tanpa menggunakan gula.

Demikianlah 12 manfaat kunyit bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui. Jadi sebenarnya ada banyak sekali obat-obatan alami yang bisa didapat di sekitar kita. Manfaatkan kunyit sebaik mungkin, bukan hanya untuk masakan namun juga untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Komentar