Wisata Air Terjun di Lombok yang Paling Indah



Wisata Air Terjun di Lombok yang Paling Indah

Lombok memiliki kesamaan dengan pulau Dewata Bali. Keindahan yang ada di Lombok akan memiliki daya Tarik paling utama pada para wisatawan mancanegara. Banyak objek wisata yang patut anda kunjungi ketika berada di pulau Lombok. Mungkin sebagian besar dari anda masih ada yang belum tahu tempat wisata yang ada di Lombok. Lombok bukan hanya terkenal dengan gunung rinjani dan gili trawangan saja loh, tapi masih banyak objek wisata yang tidak kalah kerennya.
Sejuta pesona yang terpancar pulau Lombok, mampu menarik wisatawan mancanegara untuk singgah ke pulau ini. Keunikan objek wisata yang ada di pulau Lombok tak kalah indahnya jika dibandingkan dengan objek wisata yang ada di pulai Dewata Bali, karena kerap kali pulau Lombok menjadi alternatif terbaik selain pulau Dewata Bali.
Pulau Lombok memiliki banyak pegunungan dan bukit, tidak heran jika di Lombok terdapat banyak air terjun, yang tidak kalah indahnya dengan tempat wisata di luar negeri. Air terjun tetap mejadi destinasi wisata yang menarik diantara objek wisata lainnya. Kesegaran air dan keindahan alam yang terhampar disekitarnya membuat air terjun sebagai perimadona.

Air Terjun Sendang Gile. Air terjun Sendang Gile yang berada di lombok ini memiliki ketinggian sekitar 35 m. Ketika wisatawan berkunjung ke tempat ini, wisatawan akan di sambut dengan ke jernihan air dan udara yang dingin. Apabila anda mengunjungi air terjun ini maka anda akan di buat nyaman dan ingin berlama-lama di air terjun sendang gile ini. Wisatawan yang datang dapat menikmati keindahan air terjun Sedang Gile dengan bermain air ataupun mandi di tempat ini. Keindahan yang terpancar di dukung dengan aneka pohon dan tumbuhan yang berjajar sejauh mata memandang.




Air Terjun Tiu Pupas. Air terjun Tiu Pupas yang berada di Lombok ini tepat di sebuah dusun kerurak yaitu di desa genggaleng kecamatan ganggaAir Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan kedalam kolam 4 meter dan luas 100 meter persegi. Penamaan air terjun ini memiliki arti bagi masyarakat sekitar. “Tiu” berarti genangan air dalam jumlah yang besar, sedangkan”Pupas” adalah sebuah akar yang tumbuh dari sebuah pohon yang tubuh di tebing-tebing sungai dan daerah pegunungan yang tinggi.
Lokasi ini masih sepi karena masih banyak wisatawan yang belum mengetahui lokasi air terjun ini. Sebab itu lokasi ini menjadi tempat yang menarik. Anda dapat bermain dengan puas tanpa ada yang mengganggu.

Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun Tiu Kelep adalah salah satu wisata yang berada di Lombok. Air terjun Tiu Kelep terletak di sebuah Desa Senaru yang berada di Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Air terjun ini memiliki ketinggian 42 meter. Air terjun Tiu Kelep  memiliki curah air yang besar dan deras.

Tepat di bawah  Air terjun ini terdapat kolam yang berfungi untuk menampung debit air. Menurut penduduk sekitar, jika kita mandi menggunakan air yang berasal dari air terjun Tiun Kelep, dipercaya akan awet muda. Untuk menuju lokasi air terjun ini, Anda akan menempuh jarak sekitar 60 km dari Mataram.

Air Terjun Batara Lejang. Air terjun ini berada di hulu atas dari air terjun Sedang Gila dan Tiu Kelep. Berbeda dengan destinasi lainnya, air terjun Batara Lejang masih alam. Belum banyak wisatawan yang menyempatkan untuk berlibur di tempat ini. Bukan berarti air terjun ini tidak memiliki daya tarik yang memikat. Keindahan air terjun ini, seperti halnya Pantai Balekembang. Saat Anda berkunjung ke air terjun ini, Anda dapat melakukan relaksasi. Air terjun Batara Lejang memiliki sumber air panas. Untuk mencapai ke lokasi ini Anda harus melewati jalur pendakian Gunung Rinjani.

Air Terjun Tiu Teja. Air terjun Tiu Teja adalah salah satu objek wisata yang berada di Lombok. Air terjun ini terletak di Desa Santong bedara di Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Air terjun Tiu Teja ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Air terjun ini memiliki dua mata air yang saling berdampingan.

Objek wisata ini sedang dikembangkan sebagai objek wisata baru, di daerah Lombok. Keindahan lain yang terpancar dari air terjun ini, ketika mendapat sinar matahari sewaktu waktu akan muncul pelangi. Kemunculan pelangi ini menjadi latar belakang penamaan Tiu Teje, “Tiu” dalam bahasa Sasak Lombok berarti Pelangi. 

Air Terjun Jeruk Manis/ Air Terjun Jukut. Air terjun Jeruk Manis atau sering disebut air terjun Jukut atau penduduk lokal menyebutnya dengan Aik Temer. Air terjun Jeruk Manis memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Curah air yang berasal dari air terjun ini terbilang cukup deras dan air yang dihasilkan cukup jernih. Lokasi air terjun ini berada di bawah kaki Gunung Rinjani yang berada di sebelah selatan, kawasan konservasi  Taman Nasional Gunung Rinjani.

Dari beberapa air terjun yang ada di gunung Rinjani, air terjun Jeruk Manis/ air Terjun Jukut sudah di kelola dengan apik. Untuk menuju air terjun ini, tidak perlu repot-repot menaiki puluhan bahkan ribuan anak tangga. Tidak heran jika air terjun ini sering di kunjungi banyak wisatawan mancanegara.

Air Terjun Kerta Gangga. Air terjun Kerta Gangga berada di Dusun Kerta, Desa Genggelang di Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Air terjun Kerta Gangga memiliki tiga tingkatan. Tingkatan pertama saling berdampingan, namun untuk tingkatan yang satu mengumpat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini. Kami sarankan untuk berhati-hati, karena sepanjang perjalanan menuju lokasi Anda akan bertemu dengan tanjakan dan turunan yang berkelok-kelok, Namun tidak terlalu tajam.

Bagi anda pecinta alam maka anda wajib datang ke tempat air terjun yang satu ini. Anda akan mendapatkan keindahan sekaligus kesegaran air yang jatuh dari atas dengan penuh sensasi.

Air Terjun Benang Setokel. Air terjun Benang Setokel memiliki dua terjunan air yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dan memiliki kolam kecil untuk menampung curah air yang dapat digunakan untuk mandi dan berenang. Nama Benang Stokel memiliki arti segumpal benang. Air terjun ini diberi nama air terjun Benang Setokel, karena air yang jatuh menyerupai benang yang diikat menyatu.

Air terjun ini berlokasi di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik yang berada di Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah. Jika Anda ingin menuju lokasi ini memerlukan jarak tempuh kurang lebih 45 menit dari kota Mataram.
Seperti halnya objek wisata lainnya, air terjun ini memiliki mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Masyarakat menganggap bahwa air terjun ini adalah salah satu tempat membersihkan diri Dewi Anjani. Dewi Anjani ialah makhluk gaib yang di percaya sebagai penunggu Gunung Rinjani.

Air Terjun Benang Kelabu. Air terjun Benang Kelabu terletak di bawah kaki gunung Agung, tepat berada di tengah-tengah pulau Lombok. Untuk menuju lokasi objek wisata ini Anda harus menempuh jarak kurang lebih 32 km dari Kota Mataram.

Air terjun Benang Kelabu memiliki ketinggian 40 meter. Air yang muncul seolah berasal dari rerimbunan tumbuhan  yang berada di sepanjang tebing. Padahal air itu muncul dari celah-celah yang berada di sepanjang tebing. Sehingga Anda hanya bisa berbasah-basahan di bawah terjunan air. Untuk wisatawan yang hendak menuju lokasi air terjun Benang Kelabu, disarankan untuk mempersiapkan fisik dengan baik. Karena medan yang akan Anda lalui sangat curam, seperti halnya jalur hiking pada umumnya. Waktu yang ditempuh untuk mencapai lokasi, kurang lebih setengah jam melalui akses rerimbunan hutan

Air Terjun Timponan. Air terjun Timponan, berada di Dusun Praba, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat. Berjarak kurang lebih 35 meter dari kota Mataram. Air terjun ini berada di kedalaman hutan wisata Sesaot, posisinya tepat di ujung lahan perkebunan warga dan memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan posisi terjunan air vertical. Di bawahnya terdapat kolam berdiameter sekitar 10 meter dengan kedalaman hingga setinggi badan orang dewasa. Di dalam kolam banyak di huni binatang air seperti kepiting, udang, dan ikan kecil. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan air terjun Timpong ini.

Untuk menuju lokasi Anda di haruskan ekstra hati-hati, karena jalan meuju lokasi sangat licin dan jarak tempuh cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki. Jalur ini merupakan jalur yang sering digunakan warga untuk ke kebun. Kondisi jalur ini sangat terjal dengan melewati dua buah sungai kecil dan turunan panjang yangberpasir. Sebenarnya untuk menuju lokasi terdapat jalur lain, yakni melewati Argopuro atau tempat yang paling tinggi di kawasan hutan Sesaot, akan tetapi sangat sulit karena menerabas semak-semak. Belum tersedia fasilitas apapun di sini, bahkan petunjuk jalan pun belum tersedia.

Air Terjun Semporonan. Air terjun Semporonan berlokasi di dalam hutan lindung Senggigi atau terletak di Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan dinding yang dipenuhi akar perpohonan yang merambat hingga kolam air terjun. Sebelum sampai di lokasi air terjun, Anda akan disuguhi pemandangan hamparan padi yang menghijau sehingga membuat wisatawan terpesona dengan keindahannya. Selain itu wisatawan akan kembali disuguhi dengan keindahan hutan dan sejuknya udara disepanjang jalan bahkan sampai lokasi air terjun.

 Itulah beberapa objek wisata air terjun yang ada di Lombok. Sebenarnya masih ada objek wisata lainnya, yang dapat kita jumpai bila berkunjung ke sana. Lombok adalah daerah sangat indah, penuh dengan ke khasan yang mempesonan. Banyak sekali potensi alam yang patut kita gali dan dikembangkan.

Komentar