Kembalinya Denmark, Rekor Wakil Skandinavia di Piala Dunia



Kembalinya Denmark, Rekor Wakil Skandinavia di Piala Dunia

  
Timnas Denmark akhirnya kembali ke pentas dunia setelah absen pada Piala Dunia 2018 setelah absen pada edisi 2014. Tim arahan Aage Hareide mengempaskan Timnas Republik Irlandia dengan agregat 5-1 pada fase play-off kualifikasi zona Eropa.
Tim Dinamit menyusul dua negara satu kawasan lainnya, Islandia dan Swedia, yang sudah lebih dulu memastikan tiket ke Rusia tahun depan. Lolosnya tiga negara itu juga mencatatkan sejarah baru bagi tim di kawasan Skandinavia.
Ya, Piala Dunia kali ini mencatatkan rekor jumlah terbanyak tim negara-negara dari Skandinavia yang lolos ke pentas sepak bola dunia, yakni tiga kontestan.
Setelah tak satu pun negara dari kawasan itu lolos Piala Dunia 2014 Brasil, langsung tiga negara Skandinavia yang bakal tampil di Rusia nanti. 


Sebelumnya maksimal hanya dua negara Skandinavia yang lolos ke putaran final Piala Dunia. Sebut saja pada edisi 2002 di Korea Selatan dan Jepang, tercatat ada Timnas Denmark dan Swedia yang berpartisipasi.

Begitu juga pada Piala Dunia 1998, Timnas Norwegia dan Denmark yang menjadi dua negara kawasan Skandinavia berpartisipasi di Perancis. 
 Pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, dua negara dari Skandinavia, Swedia dan Norwegia juga tampil di turnamen itu. Jauh lagi ke belakang pada Piala Dunia 1938 di Perancis, Norwegia dan Swedia yang berhasil tampil di putaran final.
Swedia menjadi negara dari kawasan Skandinavia yang paling sering tampil di putaran final Piala Dunia, yakni 12 kali berpartisipasi. Terakhir kali ambil bagian pada Piala Dunia 2006 di Jerman, kemudian sempat absen pada 2010 dan 2014.

Prestasi tertinggi tim Kuning-Biru itu mampu meraih posisi runner-up saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1958 silam. Swedia kala itu kalah 2-5 dari Timnas Brasil.
Di posisi kedua dari kawasan sering tampil adalah Denmark. Tim Dinamit total sudah lima kali berpartisipasi di Piala Dunia yakni pada edisi 1986, 1998, 2002, 2010, dan 2018 nanti.
Hanya Timnas Islandia yang mencatatkan rekor pertama kali lolos ke Piala Dunia yakni pada edisi tahun depan.
Yang menarik, Islandia lolos lebih dulu bukan melalui fase play-off atau putaran kedua seperti dua negara satu kawasan yakni Swedia dan Denmark.

Komentar