Fungsi Air Putih Dalam Tubuh



Fungsi Air Putih Dalam Tubuh

Sebab, sebanyak 60% bagian pada tubuh orang dewasa dan 80% bagian pada tubuh anak-anak diisi oleh air. Bahkan dengan kadar yang lebih dominan ini, tidak meminum air putih dapat membuat manusia tidak mampu bertahan lebih dari tiga hari. Bagaimana tidak, pasalnya air memiliki peran begitu penting untuk kelancaran sistem organ tubuh seperti :
  • Mengatur suhu tubuh,
  • membantu dalam melarutkan mineral,
  • membantu ginjal dan hati untuk melarutkan sisa metabolisme,
  • Membawa oksigen dan nutrisi pada seluruh jaringan sel.

Jumlah Minum Yang Disarankan

Oleh karena itu, agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi maka orang dewasa setidaknya mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 1,5 sampai 2 liter air per hari. Dengan beragam peran yang dilakukan oleh air dalam tubuh manusia, tentunya akan sangat berbahaya jika seseorang kurang mengkonsumsi air terutama air putih. Mungkin hal ini tampak sederhana. Namun, dibalik kesederhanaannya tersebut, air putih menyimpan berbagai macam bahaya yang akan menyerang sewaktu-waktu jika tidak dikonsumsi secara teratur dan rutin.

Bahaya Minum Air Putih Terlalu Banyak

Walaupun meminum banyak air putih sangat bermanfaat bagi tubuh seperti mampu mencegah penyakit jantung, menjaga berat badan, berpikir lebih baik, melancarkan sistem pencernaan dan dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, namun meminum air putih dengan takaran yang berlebihan juga bisa menyebabkan hal-hal yang cukup membahayakan. Adapun hal-hal bahaya yang bisa terjadi jika mengkonsumsi air putih secara berlebihan adalah:

  1. Merusak komposisi darah karena kadar kekentalan darah dalam tubuh mengalami gangguan.
  2. Mengganggu peredaran darah karena gangguan ini berbanding lurus dengan gangguan yang terjadi akibat kadar kekentalan darah yang bermasalah.
  3. Membengkaknya sel pada tubuh karena sodium dalam tubuh yang menurun.
  4. Meningkatnya volume darah sehingga memaksa ginjal bekerja keras untuk mengurangi kadar air dalam tubuh.
  5. Membuat seseorang pingsan, kejang-kejang hingga kematian karena hal ini merupakan resiko paling buruk yang bisa terjadi jika sel-sel pada tubuh mengalami pembengkakan. Menurut Exercise Associated Hyponatraemia, kurang lebih ada 1600 kasus kematian yang terjadi akibat mengkonsumsi air putih secara berlebihan.
Bahaya ini lebih meningkat jika air yang dikonsumsi adalah tidak higienis dan isi ulang. Bahaya air isi ulang cukup mematikan karena banyak kuman. Minum air putih terlalu banyak juga akan menjadi penyebab sering buang air kecil, walau tidak berbahaya tapi bisa mengganggu aktivitas. Nah bahaya akibat kurang minum juga sangat banyak, namun bahaya minum air putih terlalu banyak juga banyak, jadi ambil jalan tengahnya yah. Konsumsi air sesuai takaran yaitu 2-4 litter per hari untuk orang dewasa.

Komentar